Sekilas
Friday, 12 Aug 2022
  • Selamat datang di website SMA Negeri 81 Jakarta. Ketersediaan bangku kosong mutasi ganjil 2022 bisa dilihat di bagian pengumuman.

Informasi Mutasi Semester Ganjil 2022/2023

Diterbitkan :

A. DASAR HUKUM

  1. Peraturan Gubernur DKI Jakarta Nomor 9 Tahun 2012 tentang Tata Cara Perpindahan Peserta Didik;
  2. Surat Edaran Kepala Dinas Pendidikan Nomor e-0024/SE/2022 tentang Perpindahan Peserta Didik Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2022-2023

B. FORMASI BANGKU KOSONG

NoKelasBangku
1XI MIPA2
2XI IPS3
3XII MIPA0
4XII IPS1
Total6

C. PERSYARATAN

  1. Saat Pendaftaran
    a. Permohonan Orang Tua tentang perpindahan masuk Peserta Didik ke Satuan Pendidikan Tujuan;
    b. Peserta Perpindahan Kelas 11 MIPA/IPS
    – Fotokopi rapor kelas 10 semester 2 pada bagian nilai mata pelajaran berupa angka;
    c. Peserta Perpindahan Kelas 12 IPS
    – Fotokopi rapor kelas 11 semester 4 pada bagian nilai mata pelajaran berupa angka;
    d. Fotokopi Ijazah SMP;
    e. Foto ukuran 3×4 peserta didik setengah badan memakai seragam sekolah asal.
    .
  2. Setelah dinyatakan Lulus (Lapor Diri)
    a. Surat Permohonan Orang Tua tentang perpindahan masuk Peserta Didik bermaterai Rp 10.000 ke Satuan Pendidikan tujuan;
    b. Surat keterangan pindah dari Satuan Pendidikan asal diketahui Dinas Pendidikan/Suku Dinas Pendidikan setempat;
    c. Fotokopi rapor yang telah dilegalisir satuan Pendidikan dan menunjukan Buku Rapor Asli;
    d. Fotokopi ijazah jenjang pendidikan sebelumnya (SMP) untuk Peserta Didik yang telah dilegalisir oleh Kepala Satuan Pendidikan;
    e. Fotokopi sertifikat akreditasi Satuan Pendidikan;
    f. Fotokopi surat izin operasional/pendirian Satuan Pendidikan bagi Peserta Didik yang berasal dari Satuan Pendidikan yang dikelola oleh masyarakat dan
    g. Surat Keterangan bahwa Peserta Didik yang bersangkutan tidak sedang menjalani sanksi karena melakukan pelanggaran Tata Tertib Satuan Pendidikan.
    (Tambahan Persyaratan Lapor diri Mutasi)
    h. Surat Keterangan pindah sekolah asal diketahui Pengawas setempat
    i. Fotocopy NISN terbaru (print) dari https://nisn.data.kemdikbud.go.id/
    j. Surat Keterangan Kelakuan baik dari sekolah asal
    k. Daftar 8355 yang telah dilegalisir (dari Tata Usaha sekolah asal)
    l. Fotocopy Akreditasi sekolah asal
    m. Fotocopy Kartu Keluarga
    n. Fotocopy Akte Kelahiran
    o. Mengisi Form Biodata dari sekolah tujuan (SMAN 81 Jakarta)
    p. Pas Foto peserta didik 3×4 (1 lembar)
    q. Pas Foto ayah ukuran 3×4 (1 lembar)
    r. Pas Foto ibu ukuran 3×4 (1 lembar)

D. JADWAL

No. Kegiatan Tanggal Waktu Tempat
1. Pengumuman Daya
Tampung
7 dan 8 Juli 2022 24 Jam Papan Pengumuman
Sekolah dan Website
2. Pendaftaran 12 dan 13 Juli 2022 08.00 – 15.00 SMAN 81 Jakarta
3. Tes Seleksi 14 Juli 2022 08.00 – 10.00 SMAN 81 Jakarta
4. Pengumuman 15 Juli 2022 09.00 Papan Pengumuman
Sekolah dan Websitw
5. Lapor Diri 18 – 19 Juli 2022 08.00 – 15.00 Ruang Tata Usaha
SMAN 81 Jakarta

 

E. PENDAFTARAN

  1. Calon peserta melakukan pendaftaran secara langsung di SMAN 81 Jakarta;
  2. Saat pendaftaran, peserta mengisi formulir pendaftaran dan menyerahkan
    persyaratan saat pendaftaran kepada petugas pendaftaran sesuai dengan huruf
    C nomor 1.

F. SELEKSI

  1. Tes seleksi dilakukan secara luring di SMAN 81 Jakarta;
  2. Kriteria seleksia adalah hasil tes seleksi (bobot 60%) dan nilai rapor semester
    genap (bobot 40%);
  3. Materi seleksi sesuai dengan materi kurikulum 2013;
  4. Mata Pelajaran yang diujikan adalah :
    Peminatan MIPA:
    a. Bahasa Indonesia
    b. Kimia
    c. Fisika
    d. Biologi
    e. Matematika
    Peminatan IPS:
    a. Bahasa Indonesia
    b. Ekonomi
    c. Geografi
    d. Sosiologi
    e. Matematika
  5. Peserta mengikuti tes seleksi dengan memakai seragam sekolah asal;
  6. Peserta melakukan cek suhu. Jika suhu badan diatas 37,3 derajat celcius, peserta tidak diizinkan masuk ke dalam lingkungan sekolah;
  7. Peserta hadir 30 menit sebelum pelaksanaan tes;
  8. Peserta melaksanakan protokol kesehatan (5M) selama berada di lingkungan sekolah;
  9. Pengantar menurunkan peserta di depan gerbang depan dan tidak diperkenankan menunggu di dalam lingkungan sekolah;
  10. Peserta menuju ruang tes sesuai dengan jalur dan duduk pada tempat yang sudah ditentukan;
  11. Selama pelaksanaan tes seleksi, peserta dilarang melakukan pinjam meminjam alat tulis;
  12. Setelah selesai pelaksanaan tes, peserta langsung keluar sekolah sesuai dengan jalur yang sudah ditentukan

    Info lebih lanjut : klik tombol WA
NO DOKUMENKETERANGAN
1 SE Disdik DKI No e-0024/SE/2022 SE Disdik DKI No e-0024/SE/2022
2 Laporan Bangku Kosong Ganjil 2022 Persyaratan Mutasi SMAN 81 Jakarta